Powered By Blogger

Kamis, 10 Juni 2010

perkembangan teknologi komunikasi

1.Teknologi adalah suatu metoda pembuatan/pengerjaan sesuatu.

Teknologi adalah suatu alat yang mampu untuk mempermudah atau memperlancar suatu pekerjaan yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta (ilmu pasti) yang bersandarkan proses teknik. Teknologi merupakan karya manusia yang diciptakan untuk mendukung kehidupan manusia dan meningkatkan kesejahteraan manusia. Teknologi sekarang telah menjadi instrumen utama dalam masyarakat dalam mencapai kesejahteraan melalui penciptaan nilai tambah. Teknologi sebenarnya merupakan hasil akhir dari suatu proses yang terdiri dari rangkaian subproses penelitian dan pengembangan, invensi, rekayasa dan disain, manufaktur dan pemasaran. Alat dalam suatu teknologi dapat berupa perangkat baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Teknologi bahkan telah menjadi suatu sistem atau struktur dalam eksistensi manusia di dalam dunia. Teknologi bukan lagi sekedar sebagai suatu hasil dari daya cipta yang ada dalam kemampuan dan keunggulan manusia, tetapi bahkan telah menjadi suatu “dayapencipta” yang berdiri di luar kemampuan manusia, yang pada gilirannya kemudian membentuk dan menciptakan suatu komunitas manusia yang lain.

2.teknologi komunikasi dan teknologi informasi

Tekonologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh melalui gerak elektronik dan informasi. Pemancaran, pegiriman dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda isyarat, tulisan, gambar, suara, dan bunyi melalui sistem kawat optik, radio atau sistem elektromaagnetik. Teknologi Komunikasi merupakan wujud hasil ciptaan dan temuan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan untuk berhubungan satu sama lain dengan cepat, jelas, dan menjangkau.

Teknologi Informasi diartikan sebagai teknologi pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan penyebaran berbagai jenis informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir karena adanya dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan teknologi baru yang dapat mengatasi kelambatan manusia mengolah informasi. Teknologi Informasi mencakup sistem-sistem komunikasi seperti satelit siaran langsung, kabel interaktif dua arah, penyiaran bertenaga rendah (low-power broad- casting), komputer (termasuk PC dan komputer genggam), dan televisi, termasuk video disk dan video tape cassette.

Teknologi Informasi & Komunikasi merupakan semua aspek yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/ pemindahan informasi antar media menggunakan teknologi tertentu.

3.perkembangan teknologi komunikasi dan informasi

Semakin majunya perkembangan zaman dengan itu semakin menambah majunya juga teknologi komunikasi. Manusia akan semakin lebih mudah melakukan komunikasi dengan individu lain atau kelompok lain. Dimana manusia akan dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang mereka perlukan atau butuhkan. Akses ke dunia global pun menjadi sangat mudah, efisien, dan fleksibel. Perkembangan teknologi komunikasi ini ditandai dengan kehadiran sejumlah piranti komunikasi mutakhir, di mana setiap orang dapat mengolah, memproduksi, serta mengirimkan maupun menerima segala bentuk pesan komunikasi, di mana saja dan kapan saja, seolah-olah tanpa mengenal batasan ruang dan waktu, dengan sendirinya telah memacu terjadinya perkembangan di sektor media massa, yang merupakan bagian dari komponen komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkem-bangan teknologi informasi memper-lihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-e-laboratory, dan lainnya.

4.Blog sebuah media komunikasi interaktif

Blog adalah sebuah web yang berisi jurnal pribadi yang bisa diakses oleh semau orang. Blog bisa diupdate setiap hari, blog bisa berupa catatan pribadi, buletin harian, ruang diskusi dan masih banyak lainnya. Saat ini blog semakin bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya.awalnya blog hanya digunakan untuk menulis semacam catatan harian diri seseorang, tetapi perkembangan akses internet dan keterbukaan komunikasi beberapa waktu terakhir telah memperlebar peran. Tidak jarang berfungsi melebihi peran jurnalistik cyberspace dan media elektronik lainnya, menyajikan peristiwa real time.

Blog pada akhirnya memiliki peranan yang sangat besar dalam kehidupan. Terutama dalam hal menimbulkan keterikatan antar blogge, baik yang pada mulanya sudah merupakan komunitas lalu membuat blog maupun yang pada akhirnya membuat komunitas dari kedekatan mereka dalam dunia maya. Dari kedekatan di dunia maya itu hingga pada akhirnya bisa terjalin hubungan diluar dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar